Selasa, 29 November 2016

ULASAN2 - Hyper-V

Pada post kali ini saya dan teman saya Glenn Reynaldi akan membahas mengenai Hyper-V. Kami menggunakan video yang berjudul Introduction to Hyper-V Jump Start - Hyper-V Infrastructure yang dibuat oleh Microsoft Corporation melalui link video https://www.youtube.com/watch?v=OJK7IGt86iU yang berdurasi 1 jam 3 menit.



Hyper-V adalah sebuah role yang menyediakan tools dan services yang bisa digunakan untuk membuat sebuah server virtualisasi. Virtualisasi ini bisa digunakan bermacam-macam pencapain bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi pengeluaran. Virtualisasi ini sangat bermanfaat karena kita bisa membuat dan memanagement virtual machines, dimana kita bisa menjalankan banyak sistem operasi pada satu komputer dan menutup sistem operasi tersebut dengan yang lainnya. Hyper-V disebut virtualisasi berbasis Hypervisor. Hypervisor bisa disebut perangkat lunak atau firmware yang membuat mesin virtual. Virtualization ada beberapa macam seperti AMD Virtualization (AMD-V) dan Intel Virtualization Technology (Intel VT) dari segi hardware. Kemudian ada Second level address Translation (SLAT) yaitu AMD Nested Page Tables (NPT) dan Intel Extended Page Tables (EPT). Ada suatu istilah pada teknologi Hyper-V yaitu NUMA yang merupakan Non-uniform memory access yang berfungsi untuk membantu menaikan jumlah core and memory access, mempartisi cores, dan allocation yang bergantung dari lokasi memory.
Dynamic Memory berusaha untuk memaksimalkan penggunaan memory yang tersedia. Smart paging adalah versi lanjutan dari memory paging pada Windows Server 2012 Hyper-V. Smart page akan dibuat setiap kali VM dijalankan atau di-restart. Smart paging tidak memiliki preferensi hard disk, dapat berjalan dengan baik pada subsystems SATA, SAS atau SSD. Untuk melakukan deployment dan planning, Microsoft memiliki tools bernama Microsoft Assesment and Planning Toolkit , Windows Deployment Service untuk remote deployment instalasi OS, Microsoft Virtual Machine Converter mengubah VM menjadi Hyper-V, Virtual Machine Servicing Tool untuk menghindari VM yang tidak relevan, Security Compliance Manager untuk memeriksa bahwa semua VM berjalan sesuai dengan regulasi yang ada serta Microsoft Deployment Toolkit untuk deploy desktop dan server.
Video ini bagus untuk membantu kita mempelajari Hyper-V karena dari narasumber yang berkualifikasi dalam hal ini dan juga dikeluarkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia yaitu Microsoft Corporation. Selain itu dalam video ini juga ada visualisasi dan dijelaskan juga secara live menjalankan prosesnya sehingga membantu kita memahami konsep Hyper-V.


GitHub Account yang kami gunakan adalah JohannesAnugerah dan greysitorus . Untuk URL Ulasan adalah https://johannestobing.blogspot.co.id/2016/11/ulasan2.html . Untuk URL video sumber kami adalah  https://www.youtube.com/watch?v=OJK7IGt86iU dengan durasi 1 jam 3 menit. Submisi pertama pada tanggal 29 November 2016 dan submisi terakhir pada tanggal 1 Desember 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar